Kamis, 18 November 2010

Kohesivitas dan Pengaruh sosial

kKohesivitas dapat didefinisikan sebagai kekuatan yang mendorong anggota kelompok untuk tetap tinggal di dalam kelompok dan mencegahnya meninggalkan kelompok. 

Selanjutnya kohesivitas kelompok juga dapat didefinisikan sebagai tingkat yang menggambarkan suatu kelompok yang anggotanya mempunyai pertalian dengan anggota lainnya dan keinginan untuk tetap menjadi bagian dari kelompok tersebut, (Kidwell, Mossholder, dan Bennet dalam Kim dan Taylor, 2001).

Jadi, tanpa adanya suatu kohesivitas dalam diri seseorang maka tidak akan terbentuk suatu kelompok tertentu. Dan dalam kelompok tersebut pasti terdapat pengaruh sosial yang dapat mempengaruhi suatu kelompok terjadi.

contohnya seperti, Pengaruh kuat teman sebaya merupakan hal penting yang tidak dapat diremehkan dalam masa remaja. Hal ini memperlihatkan bahwa individu akan berperilaku apa saja sesuai dengan kehendak kelompoknya, dengan kata lain perilaku atau pendirian individu bisa dipengaruhi oleh kelompok di mana dia berada. Faktor yang berperan penting terhadap kohesivitas peer group pada remaja yaitu kecerdasan emosional. Remaja yang tidak memiliki kecerdasan emosional akan mempunyai perilaku sosial yang tidak bertanggung jawab serta tidak mampu menyesuaikan diri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar