Selasa, 20 Maret 2012

Cara mudah mencari pekerjaan melalui tekhnologi internet

Pada tanggal 17 Maret 2012 saya mencoba untuk melihat dan menilai situs lowongan kerja dari jobsdb.com, saat saya membuka laman web ini halaman utama terlihat menarik karena terdapat kotak bertuliskan  cari pekerjaan, terlihat seperti gambar dibawah ini :


Sebelum saya mendaftar menjadi anggota dalam jobsdb, saya mencoba untuk menuliskan pekerjaan HRD yang saya cari di kotak "cari pekerjaan" dan lokasi pekerjaan Jakarta Selatan di dalam kotak "masukan lokasi" . Tak lama kemudian munculah jenis pekerjaan yang dimaksudkan, semua lowongan tentang HRD dan nama perusahaan muncul. Tetapi ada beberapa perusahaan yang tidak mencatumkan alamat kantor yang jelas dan hanya berupa alamat email untuk pengiriman cv lamaran pekerjaan.


Berikut adalah contoh kualifikasi pekerjaan yang saya cari, disini terdapat syarat-syarat pelamar :

 
Website ini sangat mudah diakses sehingga tidak membuat penggunanya menjadi bingung karena semua jenis lowongan pekerjaan dan nama perusahaan tercantum dengan jelas. Website ini menggunakan dua bahasa dalam pengaturannya yaitu bahasa Indonesia dan Inggris, kita dapat memilih bahasa yang kita inginkan.

Selain itu website ini juga memberikan fasilitas kepada pengguna untuk membuat cv lamaran pekerjaan, sehingga jika kita sudah resmi terdaftar menjadi anggota jobsdb kita bisa langsung mengirimkan cv yang telah kita buat disini tanpa melalui email kita lagi.
                   
Meskipun kita belum mendaftar menjadi anggota, kita tetap dapat melamar pekerjaan di website ini loh. Jobsdb.com menjadi situs terpercaya untuk mencari berbagai macam lowongan pekerjaan, yang dimana lowongan pekerjaan yang ditawarkan sangat banyak bidangnya, jika kita telah mengetik pekerjaan yang kita ingini akan muncul kebawah berbagai macam pekerjaan.

Saya mencoba mendaftarkan diri menjadi anggota yang ada pada beranda website terdapat tulisan "daftar". Segeralah saya mengklik daftar dan mengisi biodata secara lengkap. Saat saya mengisi biodata diri saya mencoba untuk tidak mencatumkan email dan setelah di confirm ternyata tidak dapat diakses secara lanjut. 

Hal ini menunjukkan bahwa situs ini bukan sembarangan situs yang menawarkan lowongan pekerjaan. Setelah selesai mengisi biodata, saya ditawarkan untuk mengisi cv, tetapi saya tidak mengisinya karena saya tidak berniat untuk mencari pekerjaan. 

Meskipun begitu laporan-laporan mengenai lowongan pekerjaan tetap diinformasikan melalui email saya dan lowongan pekerjaan yang ditawarkan juga sangat uptodate, hal ini sangat menguntungkan pengguna website.
 
Jadi intinya adalah jobsdb.com adalah situs terpercaya untuk kita mencari lowongan pekerjaan, cara aksesnya pun sangat mudah, meskipun kita belum terdaftar menjadi anggota, kita dapat langsung mengirimkan lamaran ke perusahaan tersebut. 

Selamat mencari pekerjaan, semoga membantu :)

1 komentar:

  1. kawan, karena kita sudah mulai memasuki mata kuliah softskill akan lebih baik jika blog ini disisipkan link Universitas Gunadarma yaitu www.gunadarma.ac.id yang merupakan identitas kita sebagai mahasiswa di Universitas Gunadarma juga sebagai salah satu kriteria penilaian mata kuliah soft skill.. terima kasih :)

    BalasHapus